Pengertian dan Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network) pada Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network)

Tutorial Komputer – Jaringan WAN atau wide area adalah jaringan komputer dengan cakupan area yang luas yang mencakup wilayah yang luas dan dapat mencakup wilayah negara, benua, atau dunia. Jaringan WAN biasanya diarahkan ke Internet karena Internet itu sendiri adalah contoh jaringan WAN yang paling banyak digunakan saat ini.

Jika jaringan area luas sudah mencakup area antarbenua, itu disebut wide area network atau internet.

Fungsi jaringan WAN (wide area network) pada jaringan komputer

Jaringan WAN berfungsi untuk menghubungkan komputer, router, modem, jaringan LAN, jaringan MAN, dan jaringan lainnya di seluruh dunia. Karena kita bisa melakukan panggilan jarak jauh dengan saudara di luar negeri, sangat mudah untuk berkomunikasi dengan saudara, teman dan saudara.

Juga, dalam datagram distribusi paket, jaringan IP, sebelum paket dikirimkan, paket informasi membentuk logika pembentukan koneksi asal mula oleh permintaan koneksi logis dan kontrol paket untuk mengambil rute yang sama, berorientasi koneksi Hal ini dikenal sebagai pengiriman paket. Modus koneksi ini disebut sirkuit virtual, namun tidak seperti sirkuit, beralih ke jaringan yang menempati kanal (bandwidth / resource) sebagai monopoli, rangkaian virtual tetap menjadi pola penggunaan sumber daya bersama. Dengan cara ini urutan paket bisa dijamin, namun kontinuitas real-time tidak terjamin tergantung dari kapasitas dan tingkat kepadatan lalu lintas jaringan. Modus mode virtual, kelompok organisasi / perusahaan secara efektif memiliki jaringan pribadi (seperti PBX dari jaringan semacam itu) (hampir disebut IP VPN / Virtual Private Network), atau semacam jaringan PBX (Private branch exchange), namun cakupan area tidak dapat dibatasi pada PABX untuk jaringan sehingga lingkup jaringan private IP VPN dapat mencakup wilayah domestik dan internasional, Ini membangun IP VPN secara fisik dan logis dan membentuk jaringan hanya jika diperlukan.

Jaringan packet-switched lain yang dikembangkan secara luas di Amerika Serikat adalah jaringan ATM (Asyncus Transfer Mode). Perbedaannya adalah bahwa dalam jaringan IP, keseluruhan mode koneksi jaringan ATM menggunakan jaringan virtual, rangkaian virtual bersifat opsional melalui jaringan IP. Perbedaan lain adalah bahwa paket pada jaringan ATM selalu disebut sel tetap. Dengan kata lain, itu adalah 53 oktet (byte) yang terdiri dari muatan oktet 48, 5 oktet header. Jaringan IP, ukuran paket dirancang untuk layanan broadband berbasis jaringan ATM, CBR (constant bit rate) jaringan berbasis IP dan layanan disamping disain awal dari narrowband CBR, service VBR (variable Hal ini tidak tetap.Satu hal itu bisa menampung bit rate).