Cara Menghilangkan Kerak Pada Panci dengan Mudah dan Cepat

cara menghilangkan kerak pada pancicara menghilangkan kerak pada panci

Memasak menjadi kegiatan yang rutin dilakukan sehari-hari oleh para ibu untuk menyiapkan makanan bagi semua anggota keluarganya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan masakan yang enak misalnya dengan cara direbus, dikukus atau digoreng. Dengan takaran bumbu yang pas dan waktu memasak yang sesuai dengan jenis masakannya, maka rasa yang dihasilkan juga pastinya akan sedap. Meski begitu terkadang kesibukan ibu di rumah membuat mereka melakukan 2 buah pekerjaan sekaligus contohnya memasak sambal menjaga si kecil atau sambal membersihkan rumah. Hal ini bisa mengakibatkan masakan hangus hingga perabot dapur memiliki kerak. Masakan yang hangus memang menjadi masalah yang harus segera di ganti agar ada yang dikonsumsi oleh keluarga. Namun untuk masalah kerak, kini sudah ada cara menghilangkan kerak pada panci dan perabot lainnya yang bisa Anda lakukan.

Mengosongkan makanan sangat sering dilakukan oleh ibu rumah tangga yang melakukan beberapa hal sekaligus. Bukan hanya pekerjaan rumah lainnya namun juga kegiatan lain misalnya menonton televisi, menerima telepon hingga pergi ke belakang juga bisa mengakibatkan makan yang masih berada di atas kompor meski sudah waktunya diangkat. Kejadian tersebut akan mengakibatkan masakan menguap dengan cepat hingga akhirnya habis menjadi arang. Bukan makanan saja yang menjadi arang atau kerak, namun pastinya juga alat memasak yang terkena api yaitu panci atau wajan. Bahkan jika dibiarkan berlarut-larut, hal ini bisa mengakibatkan kebakaran karena habisnya panci atau wajan tersebut di lalap oleh api.

5 Tips Menghilangkan Kerak Pada Wajan

Pastinya hal tersebut tidak diinginkan oleh siapa saja termasuk Anda. Namun jika panci atau wajan Anda sudah memiliki kerak akibat kejadian masakan gosong di waktu yang lalu atau baru saja terjadi, Anda tak perlu khawatir karena berikut ini adalah tips menghilangkan kerak pada panci dan wajan untuk Anda:

  1. Hilangkan semua isi panci jika masih ada sisa makanan yang tersisa di dalamnya.
  2. Isi panci dengan air bersih hingga menutupi noda kerak kemudian panaskan dengan api di atas kompor.
  3. Setelah air hampir mendidih, gunakan alat kayu untuk menghilangkan sisa kerak yang masih menempel pada panci atau wajah. Lakukan perlahan-lahan hingga semua sisa kerak bisa terangkat.
  4. Matikan api kemudian buang air di dalam panci atau wajan tersebut.
  5. Lanjutkan dengan mencuci panci atau wajan dengan Sunlight jeruk nipis.

Sisa kerak yang masih menempel pada panci setelah Anda mengulitinya dengan di rendam air panas, akan mudah diambil apalagi jika Anda menggunakan Sunlight jeruk nipis. Sunlight merupakan sabun pencuci piring dan perabot dapur yang sudah beredar lama di Indonesia dan dipercaya oleh ibu-ibu di seluruh tanah air. Dengan sunlight yang mengandung ekstrak jeruk nipis, kotoran sisa kerak akan terangkat dengan mudah dan cepat. Selain sisa kerak, sunlight juga efektif digunakan untuk membersihkan kotoran sisa makanan yang mengandung lemak ataupun minyak.

Cara menghilangkan kerak pada panci dan wajan di atas bisa Anda gunakan untuk semua keperluan dapur yang memiliki kerak. Namun meski sudah ada Sunlight yang bisa membantu kerja Anda di dapur, sebaiknya ketika memasak makanan, tidak dibarengi dengan pekerjaan lainnya apalagi yang menyita perhatian seperti menonton televisi. Akan sangat disayangkan jika makanan yang sudah susah payah Anda masak kemudian menjadi gosong karena kelupaan mematikan kompor. Terlebih lagi karena hal tersebut juga bisa menimbulkan malapetaka untuk rumah Anda.