Perawatan Ikan Koi Yang Harus Anda Ketahui

Hai semuanya, berjumpa lagi dengan saya yang akan membahas tentang bagaimana cara merawat ikan koi dengan baik dan benar agar dapat memberikan anda pengetahuan yang luas tentang hewan.

Ikan koi merupakan salah satu hewan air yang paling favorit untuk dipelihara karena dapat membuat hoki dan menghilangkan stres. Ikan koi memiliki dasar-dasar utama yang harus anda ketahui sebelum benar-benar mempelihara dan merawatanya. Terutama terkait dengan cara makan, takaran air dan ukuran kolam. Yuk simak terus bersama saya disini agar anda juga dapat memiliki koi berkualitas yang memiliki harga yang mahal.

ikan koi pembawa hoki
ikan koi pembawa hoki

Cara Makan Ikan Koi

Untuk merawat seekor koi, anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara makan dan apa saja makanan ikan itu. Hal ini agar mengantisipasi kematian yang sering terjadi pada koi.

Secara garis besar, makanan ikan koi adalah lumut, pelet dan udang. Makanan yang favorit ikan koi adalah udang setelah itu baru pelet, jika tidak ada pelet dan udang, maka koi terpaksa memakan lumut-lumut yang berada di pinggir kolam. Nah, anda harus tahu tuh cara memberi makannya. Biasanya pemberian makan koi dilakukan pada pagi dan sore. Cukup 2 kali dalam sehari karena ikan ini aktif bergerak.

Katanya ikan koi juga membawa keberuntungan ya bila di pelihara, itu sih tergantung dari cara pandang anda saja. Terlepas dari itu semua, ikan koi merupakan ikan yang indah apabila kita lihat secara rutin tiap pagi dan sore.

Takaran Air Di Dalam Kolam

Untuk memberikan kenyamanan dan kesegaran pada ikan, anda juga harus mengatur takaran suhu pada air kolam. Jangan sembarangan karena hal ini dapat merusak sistem kekebalan tubuh ikan koi. Jika anda jarang mengganti air, maka dapat dipastikan jumlah kematian ikan akan sangat banyak.

Memelihara ikan koi biasanya dilakukan di kolam ataupun diluar rumah dan berada di bawah tempat yang adem atau dingin, jangan langsung terkena sinar matahari, karena ikan akan sakit.

Mengganti air ikan koi sebaiknya dilakukan 2 kali dalam 1 bulan. Hal ini untuk mencegah penyakit dan stres pada ikan.

Ukuran Kolam Ikan Koi

Dalam melakukan perawatan koi, sebaiknya anda memastikan bahwa ukuran kolam menjadi hal yang penting karena dapat memberikan kebebasan ikan dalam melakukan aksi berenangnya. Hal ini tentu dapat berpengaruh pada ukuran ikan dan perkembangan tubuhnya.

Sebaiknya gunakan ukuran kolam 3×4 dan atau 3×3 saja. Namun, saya menyarankan jika anda memiliki anakan koi, maka sebaiknya gunakan akuarium untuk memeliharanya.

Nah, mungkin artikel ini cukup sampai disini dan dapat memberikan informasi edukatif yang menambah wawasan anda dalam memberikan perawatan ikan koi.

source: http://www.idbias.com