Waspada! Cemas, Stress dan Depresi Bisa Membuat Anda Bunuh Diri

Cemas, Stres dan Depresi

Seseorang yang mengalami perasaan cemas, stress dan depresi tingkat tinggi dapat mendorong untuk melakukan hal-hal yang terbilang nekad, salah satu contohnya yaitu dapat mendorong ia untuk melakukan bunuh diri.

Cemas, Stres dan Depresi

Baca juga cara mengatasi stress dan menenangkan hati dan pikiran yang penting untuk diketahui. Perasaan cemas dan juga depresi tersebut dapat dipicu oleh karena faktor hormonal yang salah satu disebabkan oleh hormone tiroid. Hormone tersebut dapat berpengaruh pada perasaan, energi tubuh dan juga berat badan. Jika tiroid tersebut terlalu aktif pada saat memproduksi hormon yang disebut dengan hyperthyroidism atau lebih dikenal dengan sebutan hipertiroid ini dapat mempengaruhi pada kondisi kejiwaan seseorang seperti :

  • Mudah cemas
  • Mudah dan sering marah-marah tidak jelas
  • Tubuh akan terasa sering gemetar
  • Dapat terjadi gangguan pada penglihatan
  • Mengalami gangguan Susah tidur
  • Menstruasi tidak lancar
  • Berat badan menurun

Sedangkan jika kondisi pada tiroid tersebut lemah atau disebut dengan hypothyroidism atau juga disebut dengan hipotiroid dapat menyebabkan timbulnya keluhan seperti :

  • Mudah lelah walaupun aktivitas yang dilakukan tidak terlalu berat
  • Berat badan berlebih (obesitas)
  • Sering lupa
  • Menstruasi dalam jumlah yang cukup banyak

Artikel yang bermanfaat untuk dibaca yaitu Waspadalah jika badan lemas letih lesu setiap hari. Dari beberapa keluhan yang dirasakan disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan tersebut seperti mudah merasa lelah, sering cemas, susah tidur dan mengalami perubahan pada berat badan merupakan beberapa hal yang menandakan jika sedang mengalami depresi.

Kondisi seperti ini dapat dipicu oleh beberapa faktor yang salah satunya yaitu oleh beberapa jenis makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dapat menyebab terganggunya keseimbangan hormone tiroid, diantaranya yaitu :

  1. Kacang kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan goitrogen, khususnya jenis kedelai yang non-fermentasi dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi tiroid dan dapat menyebabkan seseorang yang mengkonsumsinya mengalami hipotiroid. Maka dari itu, jenis-jenis produk atau olahan yang terbuat dari kedelai non-fermentasi seperti susu kedelai harus di waspadai untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan. Untuk orang dewasa, sebaiknya tidak lebih dari 5 ons mengkonsumsi susu kedelai.

  1. Gluten

Selain pada kedelai, ternyata kandungan goitrogen juga terdapat pada gluten. Sumber gluten dapat ditemukan pada beberapa makanan seperti roti, pasta dan juga mie yang bahan dasarnya terbuat dari tepung terigu. Untuk itu, sebaiknya anda pintar-pintar dalam mengatur pola maka yang seimbang dan bervariasi.

  1. Sayuran silangan

Kandungan isothiocyanates adalah salah satu jenis kandungan goitragen yang terdapat pada sayur silangan seperti lobak, bungan kol dan juga brokoli. Dengan mengkonsumsi sayuran tersebut dapat membantu dalam mengganggu kerja dari kelenjar tiroid dalam memproduksi hormone, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan hormone tiroid yang dikenal dengan sebutan hipotiroid.

  1. Iodium

Iodium merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam jumlah yang terbatas. Jika tubuh anda mengalami kekurangan asupan zat tersebut, makaproduksi dari hormone tiroid ini akan berkurang dan dapat menyebabkan terjadinya hipotiroid. Sedangkan jika asupan zat iodium didalam tubuh terlalu berlebihan, maka dapat menyebabkan terjadinya hipertiroid. Seseorang yang mengalami gangguan hipertiroid dapat berpotensi mengalami depresi dan bahkan dapa memicu terkena penyakit grave. Zat iodium ini dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti makanan laut yang sudah diasinkan atau lebih dikenal dengan ikan asin.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, diharapkan waspada jika Anda mengalami hal tersebut dan segeralah konsultasikan dengan dokter untuk dapat segera mengatasinya.