Fire Extinguisher Yang Tepat untuk Kebakaran yang Tepat

Fire Extinguisher Anda melewati mereka sepanjang waktu saat Anda berjalan di lorong di tempat kerja atau sekolah, dan mudah-mudahan di rumah juga. Tidak semua toko dapat menjual fire extinguisher dengan bebas, mereka harus memiliki sertifikasi tertentu untuk menjualnya dan untuk memastikan produk yang dijual benar-benar berkualitas karena penggunaannya untuk keselamatan.

Tapi tidak peduli berapa kali Anda melihat mereka dalam kehidupan sehari-hari Anda, Anda mungkin hanya memikirkan sedikit tentang bagaimana Anda benar-benar menggunakannya. Mungkin tidak pernah terlintas dalam pikiran Anda, atau mungkin Anda menganggapnya sangat sederhana bukan sesuatu yang perlu dipelajari.

Nah, memang benar bahwa menggunakan alat pemadam api bukanlah ilmu roket, namun ada beberapa dasar yang perlu Anda sadari dan mungkin juga tidak. Menurut penelitian, mayoritas orang Indonesia tidak tahu bagaimana menggunakan alat pemadam, bahkan jika mereka memilikinya di rumah mereka. Ini adalah celah pengetahuan yang berbahaya. Kebakaran berlipat ganda setiap 60 detik, jadi Anda tidak ingin meraba-raba dalam situasi darurat, membaca manual instruksi saat api kecil di tungku tumbuh menjadi neraka.

Fire Extinguisher ada berbagai jenis yang sering kita jumpai di toko jual fire extinguisher, masing-masing dirancang untuk memadamkan jenis api yang berbeda. Sistem klasifikasi telah dikembangkan untuk membantu pengguna mengetahui jenis alat pemadam yang mereka gunakan.

  • Tipe A : Bahan bakar padat biasa seperti kayu, kain, dan produk kertas.
  • Tipe B : Cairan dan gas yang mudah terbakar.
  • Tipe C : Kebakaran listrik (Jangan gunakan air untuk mengeluarkan api jenis ini , Anda bisa tersengat listrik).
  • Tipe D : Logam mudah terbakar.

Tipe K : Minyak dan lemak mudah terbakar. (Jangan sekali-kali menggunakan air pada api minyak – akan menyebabkan nyala api meledak dan menyebar).