Kelemahan Dan Keunggulan Opel Blazer Serta Harga Dan Spesifikasi

Kelemahan Dan Keunggulan Opel Blazer

Opel Blazer adalah salah satu mobil SUV yang diperkenalkan ke publik pada 1996 hingga 2002. Mobil ini adalah ‘saudara’ Chevrolet Trooper yang dibesut oleh produsen otomotif Chevrolet. Opel Blazer terdiri dari 2 generasi generasi pertama tahun 1996 sampai 1998 dan generasi kedua 2000 sampai 2002. Mobil ini cukup populer dengan banyak pengemudi, terutama untuk melewati medan aspal ringan dan offroad. Mobil ini sebagai jawaban bagi mereka yang menyukai petualangan hanya melepaskan kepenatan.

Keunggulan Opel Blazer pertama adalah harga yang cukup murah bila dibandingkan dengan semua SUV di Indonesia. Opel Blazer dibandrol Rp 40 juta sampai Rp 80 juta. Selain itu keunggulan kedua terletak pada model abadi dan tidak kuno.

Perbaikan dan facelift hanya dilakukan pada aksesoris dan lampu. Bila dibandingkan dengan SUV lain, Opel Blazer banyak menang karena SUV keluaran pesaing 1995 masih memiliki model kotak dan belum menggunakan mesin injeksi. Selain itu tampilan interiornya juga cukup simpel dan bukan “neko-neko”.

Keunggulan ketiga adalah mesin Opel Blazer yang juga menggunakan mesin injeksi. Dibanding Nissan Terano atau Daihatsu Taft dan Toyota Landcruiser, Opel Blazer berada di garis depan penggunaan mesin injeksi. Konsumsi bahan bakar Opel Blazer cukup irit. Perbandingan konsumsi bahan bakar Opel Blazer sekitar 1: 9 sampai 1:12.

Keunggulan keempat adalah spare part Opel Blazer yang cukup tahan lama, bisa bertahan hingga lebih dari 6 tahun. Kelebihan kelima adalah kekuatan yang kuat dengan mesin 2.000 cc mobil ini mampu mengambil medan dengan tingkat offroad yang moderat. Kelebihan terakhir adalah kenyamanan yang bisa didapat karena suspensinya yang lembut, kabinnya dilengkapi dengan redaman yang bagus. Selain itu pilihan modifikasi suku cadang cukup banyak.

Kelemahan Opel Blazer adalah rendahnya harga jual, hal ini karena citra merek Opel di mata konsumen Indonesia masih rendah, mempengaruhi pasar meski dari segi model, kekuatan, dan teknologi sangat maju dibanding produksi Jepang. Selain itu, mobil ini juga tak tahan panas. Karena mobil ini merupakan produksi lama, sistem AC menggunakan sistem lama, tidak sekeren mobil produksi sekarang. Selain itu, bodi yang bongsor agak merepotkan saat pengemudi akan memarkir mobil ini.

Itulah keunggulan Opel Blazer. Semoga penjelasan singkat beberapa kelebihan dan kekurangan mobil Opel Blazer bisa bermanfaat bagi semua teman.